Visiting Professor bersama Assoc. Prof. Niwat Srisawasdi Bahas "Advanced Research and Applications of TPACK in Science Education"

Yogyakarta, 20 Juni 2024 – Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mengadakan kegiatan visiting professor bersama Assoc. Prof. Niwat Srisawasdi, Ph.D dari Khon Kaen University, Thailand. Kegiatan yang berlangsung di Ruang Sidang 2 FMIPA UNY ini mengusung topik “Advanced Research and Applications of TPACK in Science Education” dan dihadiri oleh sekitar 20 mahasiswa Magister Pendidikan IPA. Dalam presentasinya, Assoc. Prof. Niwat Srisawasdi membahas secara mendalam tentang aplikasi kerangka kerja Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dalam pendidikan IPA, termasuk implementasinya dalam pembelajaran dan peluang penelitian yang relevan. Ia menjelaskan perbedaan antara kerangka kerja PCK (Pedagogical Content Knowledge) abad ke-20 dengan TPACK yang menjadi kebutuhan era pendidikan abad ke-21.

Menurut Prof. Niwat, TPACK mencakup integrasi tiga komponen utama, yaitu Technological Knowledge (TK), Content Knowledge (CK), dan Pedagogical Knowledge (PK). "TPACK bukanlah model pembelajaran, tetapi kerangka kerja yang memungkinkan guru mengintegrasikan teknologi secara efektif dengan pedagogi dan konten ilmu pengetahuan," jelasnya. Dalam sesi diskusi, ia memaparkan empat aspek utama dalam sistem pengajaran berbasis sains:

  1. Konten berbasis sains yang relevan dengan materi pembelajaran,
  2. Pedagogi guru yang menitikberatkan pada keterampilan pengajaran,
  3. Proses pembelajaran melalui metode dan pendekatan yang inovatif, serta
  4. Hasil belajar yang terukur melalui kemampuan TPACK peserta didik.

Selain menjelaskan teori, Prof. Niwat juga berbagi pengalaman implementasi TPACK di Thailand, yang memberi wawasan berharga bagi peserta terkait pengembangan teknologi dalam pembelajaran IPA di Indonesia. Salah satu peserta menyampaikan antusiasmenya terhadap materi yang disampaikan. “Kegiatan ini sangat membuka wawasan kami, terutama dalam memahami penerapan TPACK sebagai kerangka kerja yang dapat mendukung pengembangan pembelajaran berbasis teknologi di era digital,” ujarnya. Melalui kegiatan ini, FMIPA UNY terus menunjukkan komitmennya dalam mendukung pengembangan ilmu pengetahuan dan pembelajaran berbasis riset global, memperkuat kolaborasi internasional demi peningkatan mutu pendidikan di Indonesia.