Kompetensi Lulusan

PROFIL LULUSAN DAN DESKRIPSINYA

Setiap lulusan Prodi Magister Pendidikan Sains dapat berperan dalam masyarakat  untuk satu atau lebih profil lulusan berikut:

  1. Pendidik dalam bidang Pendidikan Sains

  2. Peneliti dalam bidang Pendidikan Sains

  3. Pengembang Kurikulum dan Evaluasi Pembelajaran Sains

  4. Pengembang Media dan Sumber Belajar Sains

Adapun deskripsi untuk masing-masing profil lulusan adalah diuraikan dalam Tabel 1 berikut.

                                 Tabel 1.  Profil Lulusan S2 Pendidikan Sains

Profil

Deskripsi Profil

Pendidik dalam bidang Pendidikan Sains

Pendidik dalam bidang Pendidikan Sains yang menguasai teori dan aplikasi bidang ilmu Pendidikan Sains dan mampu mengembangkan ilmu Pendidikan Sains melalui inovasi dan penelitian yang teruji; menyelesaikan masalah dengan pendekatan inter/multidisiplin; memiliki kemampuan menggunakan TIK untuk pembelajaran dan mengikuti perkembangan Pendidikan Sains; berjiwa Pancasila, memiliki karakter kepemimpinan ing ngarso sung tuladha, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani.

Peneliti dalam bidang Pendidikan Sains

Peneliti Pendidikan Sains yang menguasai metodologi penelitian pendidikan, memahami karakteristik objek dan persoalan Pendidikan Sains, menguasai ICT dan bahasa internasional untuk mengikuti trend dan isu terkini Pendidikan Sains, serta mempunyai kemampuan dalam mempublikasikan hasil penelitian di bidang Pendidikan Sains dalam forum ilmiah dan jurnal nasional dan internasional.

Pengembang Kurikulum dan Evaluasi Pembelajaran Sains

Pengembang Kurikulum dan Evaluasi Pembelajaran Sains yang memahami prinsip dasar kurikulum; karakteristik Kurikulum dan pembelajaran Sains di sekolah menengah pertama/Madrassah Tsanawiyah dan perguruan tinggi; selalu mengikuti dinamika pendidikan di sekolah maupun pendidikan tinggi; mempunyai kepekaan pada perkembangan Pendidikan Sains, kebutuhan kompetensi di dunia kerja, dan memahami penciri lembaga sebagai bahan dan dasar pengembangan kurikulum dan inovasi pembelajaranSains

Pengembang Media dan Sumber Pembelajaran Sains

Pengembang Media dan Bahan pembelajaran Sains yang mampu merancang dan memproduksi media dan bahan belajar berbasis ICT, media pembelajaran obyek riil, maupun virtual untuk pembelajarn Sains di sekolah maupun pada Program Studi Pendidikan Sains.

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL) PROGRAM STUDI

Menurut SN-Dikti, CPL merupakan perumusan dari Standar Kompetensi Lulusan. SN-Dikti juga menegaskan bahwa CPL terdiri dari empat unsur, ialah sikap, pengetahuan, keterampilan khusus, dan keterampilan umum.

Sikap merupakan perilaku benar dan berbudaya sebagai hasil dari internalisasi dan aktualisasi nilai dan norma yang  tercermin dalam kehidupan spiritual dan sosial melalui proses pembelajaran, pengalaman kerja mahasiswa, penelitian dan/atau pengabdian kepada masyarakat yang terkait pembelajaran. Rumusan sikap sudah ada/Tertuang pada Lamp. SN-Dikti. Jika diperlukan, program studi/perguruan tinggi dapat menambahkan satu atau lebih butir terhadap rumusan sikap ini.

Pengetahuan merupakan penguasaan konsep, teori, metode, dan/atau falsafah bidang ilmu tertentu secara sistematis yang diperoleh melalui penalaran dalam proses pembelajaran, pengalaman kerja  mahasiswa, penelitian dan/atau pengabdian kepada masyarakat yang terkait pembelajaran. Isi Pengetahuan dirumuskan prodi atau asosiasi/grup prodi dengan mengacu deskriptor KKNI.

Keterampilan merupakan kemampuan melakukan unjuk kerja dengan menggunakan konsep, teori, metode, bahan, dan/atau instrumen, yang diperoleh melalui pembelajaran, pengalaman  kerja  mahasiswa,  penelitian  dan/atau  pengabdian  kepada masyarakat yang terkait pembelajaran, mencakupKeterampilan umum dan Keterampilan khusus.

Keterampilan umum merupakan kemampuan kerja umum yang wajib dimiliki oleh setiap lulusan dalam rangka menjamin  kesetaraan kemampuan lulusan sesuai tingkat program dan jenis pendidikan tinggi. Rumusan keterampilan umum tertuang di lampiran SN-Dikti.Jika diperlukan, program studi/perguruan tinggi dapat menambahkan satu atau lebih butir terhadap rumusan keterampilan umum ini.

Keterampilan  khusus  sebagai  kemampuan  kerja  khusus  yang  wajib dimiliki oleh  setiap lulusan sesuai dengan bidang keilmuan program studi. Isi Keterampilan Khusus dirumuskan prodi atau asosiasi/grup prodi dengan mengacu deskriptor KKNI dan SN Dikti.

Berdasarkan prinsip dasar CPL tersebut,  CPL Program Studi Magister Pendidikan Sains, FMIPA UNY dirumuskan dalam Kurikulum 2019.  Selanjutnya berdasarkan masukan-masukan dari organisasi profesi PPII, asesor BAN PT, dan asesor  AMI maka CPL pada Kurikulum 2022 ini direduksi jumlahnya dengan cara mensintesis CPL berdasarkan SN-Dikti/Kurikulum 2019 yang disajikan pada Tabel 2. Transformasi CPL SN-Dikti/Kurikulum 2019  ke CPL Kurikulum 2022 disajikan pada lampiran .

 Tabel 2. CPL Program Studi S2 Pendidikan Sains

  1. SIKAP:

CPL-S1

Bersikap dan perilaku edukatif berdasarkan nilai-nilai Pancasila, agama, kearifan lokal, dan norma-norma hukum

CPL-S2

Bersikap dan perilaku sesuai nilai-nilai dan etika ilmiah yang kritis, kreatif, inovatif, komunikatif, produktif, profesional, dan edukatif.

  1. PENGETAHUAN:

CPL-P1

Menguasai konsep, prinsip, hukum, dan teori dalam bidang Sains dan ilmu-ilmu yang relevan serta terapannya dalam teknologi.

CPL-P2

Menguasai konsep, prinsip, hukum, dan teori dalam bidang pedagogi dan andragogi serta ilmu-ilmu yang relevan.

CPL-P3

Menguasai konsep, prinsip, dan teori integrasi teknologi-pedagogi-konten Sains (TPCK) dalam pembelajaran yang berwawasan potensi dan kearifan lokal Indonesia.

  1. KETERAMPILAN KHUSUS:

CPL-KK1

 

Menerapkan dan mengembangkan integrasi teknologi-pedagogi-konten Sains (TPCK) dalam pembelajaran yang berwawasan potensi dan kearifan lokal Indonesia sesuai kurikulum yang berlaku baik dalam pendidikan formal di jenjang sekolah dan di perguruan tinggi maupun pendidikan non formal melalui model dan pendekatan yang inovatif.

CPL-KK2

 

Mengembangkan Pendidikan Sains sebagai disiplin ilmu melalui kajian dan penelitian dalam materi ajar & kurikulum Sains, media dan sumber belajar Sains, teknologi pembelajaran Sains, penilaian dan evaluasi pembelajaran Sains serta cabang-cabang  lain Pendidikan Sains.

CPL-KK3

 

BerpartisSainssi aktif  memecahkan masalah bangsa dari perspektif Pendidikan Sains  terhadap isu-isu kontemporer, kebijakan-kebijakan,  dan implementasi pendidikan melalui pendekatan antar, inter, multi, dan trans-disipliner.

  1. KETERAMPILAN UMUM:

CPL-KU1

 

Mengkomunikasikan hasil pemikiran dan penelitian ilmiah yang dilandasi sikap dan etika ilmiah kepada masyarakat ilmiah melalui prosiding seminar dan jurnal ilmiah tingkat nasional dan internasional bereputasi, maupun kepada masyarakat umum media masa.

CPL-KU2

 

Belajar sepanjang hayat baik melalui peningkatan kapasitas pembelajaran secara mandiri maupun melalui jaringan kerjasama dengan sejawat dan organisasi profesi baik nasional maupun internasional dalam rangka meningkatkan profesionalitas dan pengabdian kepada masyarakat.