Visiting Professor dari Faculty of Education UM

Prodi S2 Pendidikan Sains PPs UNY sesuai dengan pengembangan visi misinya, maka harus mengimplementasikan dalam kegiatan nyata tri dharma perguruan tinggi. Pada bidang pendidikan harus sampai pada hasil research bisa digunakan sebagai sumber referensi baru. Sebagai perwujudan realisasi visi dan misi tersebut secara operasional, maka tahun 2019 Prodi S2 Pendidikan Sains melakukan visiting professor dari pakar penelitian bidang STEM education dalam bentuk perkuliahan teori (tatap muka), penugasan dan perkuliahan online (blended learning). Pakar peneliti bidang STEM education tersebut adalah Dr. Rose Amnah Abd. Rauf dari Science Education Faculty of Malaya.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dosen dan mahasiswa dalam mata kuliah Kapita Selekta Pendidikan IPA, kemudian menambah wawasan penelitian STEM bagi mahasiswa dan menjalin kerjasama Internasional Prodi S2 Pendidikan Sains dengan PT luar negeri wilayah Asia Tenggara. Dalam kurun waktu 22 April-4 Mei 2019, mahasiswa S2 Pendidikan Sains akan mendapatkan pemahaman yang menyeluruh mengenai STEM. Mahasiswa juga akan mendapatkan materi pembelajaran seperti media, rencana pembelajaran dan soal-soal. Lalu pada 5 hari terakhir bersama-sama dilaksanakan Blended Learning secara online.

Dr. Insih Wilujeng selaku Kaprodi S2 Pendidikan Sains mengharapkan bentuk-bentuk kerjasama internasional ini terwujud untuk merealisasikan visi dan misi serta tujuan Prodi S2 Pendidikan Sains. Kegiatan Visiting Professor ini juga merupakan tindak lanjut peninjauan kurikulum S2 Pendidikan Sains aga memiliki standar yang lebih tinggi dan mengikuti perkembangan Ilmu Pengetahuan Alam terkini, tambah Insih lagi. (ant)

.